Senin, 26 Januari 2015

Tugas Softskill 4 - Marketing Mix 4P

Tugas 4 Softskill Pengantar Bisnis Informatika adalah membahas tentang website yang didalamnya terdapat marketing Mix 4P. Apa itu marketing Mix 4P?

Marketing Mix 4P adalah alat yang dapat digunakan untuk mempengaruhi keputusan dari calon pelanggan maupun pelanggan sehingga terjadi pencapaian target pemasaran. Kenapa dikatakan 4P? 4P tersebut sebenarnya merupakan 4 unsur yang harus dimiliki dalam prinsip bauran pemasaran. 4 prinsip tersebut yaitu product, price, promotion dan place.

1. Product, yang dimaksud dengan product adalah barang yang akan dipasarkan oleh perusahaan tersebut. Atau dengan kata lain dapat dikatan sebagai hasil produksi perusahaan. Sebuah produk dapat cepat dipasarkan apabila produk tersebut memiliki kualitas yang baik, keamaan yang teruji, useful atau mudah digunakan, dan eye catching (menarik).

2. Price, tentunya bila kita ingin mendapatkan barang yang berkualitas baik, kita juga ingin mendapatkan harga yang menarik, dalam arti harga sesuai dengan barang yang ditawarkan dan terjangkau oleh pembeli atau target penjualan.

3. Promotion, bila kita memiliki produk atau barang yang sudah berkualitas baik dan memenuhi standart yang sudah saya sebutkan diatas, dengan harga yang terjangkau dan sesuai dengan kualitas barang tersebut, tetap saja tidak cukup apabila kita tidak mempunyai promosi yang baik pula. Biasanya untuk perusahaan besar, mereka akan memasang iklan pada televisi, radio maupun koran. Tentunya biaya promosi yang harus dikeluarkan oleh perusahaan tersebut sangat besar. Tapi apabila perusahaan kita merupakan perusahaan kecil atau sebut saja home industry, maka kita dapat melakukan promosi dengan biaya yang relatif murah, contohnya membuat selebaran dan menyebarkan ke masyarakat umum atau bisa juga dengan melakukan promosi melalui mulut ke mulut.

4. Place, hal terpenting lainnya yang harus diperhatikan adalah tempat. Tempat untuk menjual barang produksi (produk) juga menentukan berhasil atau tidaknya target penjualan yang kita harapkan. Tempat penjualan yang strategis, mudah dijangkau serta mudah dilihat oleh orang sekitar adalah hal  yang perlu diperhatikan dalam menentukan tempat. Selain itu kita juga dapat modifikasi tempat tersebut sehingga terlihat menarik para pengunjung.

      Contoh salah satu perusahaan besar dibidang industri makanan instan yaitu Indomie. Dari sisi Product, perusahaan indomie sudah dapat memasarkan hasil produksinya dengan kualitas yang baik, dari segi Price harganya terjangkau, untuk Promotion perusahaan indomie sudah memasang iklan baik di televisi, papan iklan dll, selain itu jika kita melihat Place maka sudah tidak asing lagi kita dapat melihat produk indomie di berbagai tempat pembelanjaan seperti warung, waralaba, maupun swalayan. Dari Website Indomie sudah jelas terdapat marketing Mix 4P, dari segi tampilan yang mencakup Product, Promotion, Place, namun dari segi Price dalam websitenya tidak dicantumkan karena menurut saya karena produk indomie ini sudah banyak orang yang mengetahui dan beredar di pasaran serta harga yang terjangkau sehingga tidak perlu lagi harga ditampilkan didalam websitenya. Demikian penjelasan tentang marketing Mix 4P, mohon maaf bila ada kalimat atau kata-kata yang tidak sesuai, terima kasih.

Tampilan Contoh Website yang Memiliki Marketing Mix 4P


sumber : 
mynewsworthy99.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar